19 Agustus 2010

Tarbiyah Ulul Albab

Sssst….. Misterious Of Kissing Disease…????????

Sudah menjadi maklum, remaja memang sosok yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Kenapa?. Remaja masa pencarian jati diri yang mendorongnya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, ingin tampil menonjol, dan diakui eksistensinya. Namun disisi lain remaja mengalami ketidakstabilan emosi sehingga mudah dipengaruhi teman dan mengutamakan solidaritas kelompok. Diusia remaja, akibat pengaruh hormonal, juga mengalami perubahan fisik yang cepat dan mendadak. Perubahan ini ditunjukkan dari perkembangan organ seksual menuju kesempurnaan fungsi serta tumbuhnya organ genetalia sekunder. Hal ini menjadikan remaja sangat dekat dengan permasalahan seputar seksual. Namun terbatasnya bekal yang dimiliki menjadikan remaja memang masih memerlukan perhatian dan pengarahan.
Pacaran…?? Tak lepas dari hal tersebut, dunia pacaran sedang heboh membahas misteri tentang ciuman, mengapa? Karena ciuman sudah menjadi trand bagi para remaja saat ini, lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut….?
1. Menurut Fakta yang ada, di antaranya adalah:
a. Ada banyak urat saraf sensitive di bibir (100 kali lebih banyak dibandingkan ujung jari) hingga mampu merangsang hasrat seks. Karenanya berciuman sebelum, selama dan setelah bercinta bisa sangat merangsang dan memuaskan birahi anda berdua.
b. Sebanyak 40 persen lelaki mengatakan, ciuman yang sangat lama dan penuh gairah akan mempercepat untuk ajang pergumulan. Sementara 30 persen lelaki mengatakan, gairah tersebut akan memuncak jika anda juga meraba-raba selangkangannya.
c. Perhatikan sikap pasangan yang sering kali hanya memberi anda ciuman singkat di pipi sambil mengatakan "selamat tinggal". Ini bisa jadi sinyal bahwa dia menjaga jarak dan tidak mudah baginya untuk mengekspresikan cinta. Jika tak segera mengalami kemajuan, ini bisa jadi tanda bahwa dia sedang merasa gamang dengan hubungan anda berdua.
d. Cara terbaik untuk mencium telinga lelaki adalah mencium daun telinga sebentar saja kemudian lanjutkan dengan ciuman ke dalam telinganya menggunakan ujung lidah. Untuk membuatnya makin bergairah, bisikkan kata-kata nakal dan erotis.
e. Lelaki mencium dengan mulut terbuka agak lebar dengan maksud mengalirkan dorongan libidonya kepada pasangan. Jadi, saat dia mulai sedikit agresif, hal tersebut bukan semata tentang gairahnya, tapi juga gairah anda. Dia ingin anda juga ikut merasakan hal yang sama dan menjadi bergairah karenanya.
f. Ciuman penuh gairah menaikkan tekanan darah hingga menyebabkan jantung berpacu lebih cepat, membuat anda semakin bergairah dan ini akan memudahkan anda berdua mencapai orgasme. So, jangan sepelekan soal ciuman.
2. Menurut Konteks ilmu Biologi di bidang kesehatan
1. Proses ciuman yang seperti apa?
a. pertemuan antarlidah dimana terjadi perpindahan perpindahan 9 mg air, 0,45 mg garam mineral, 0,7 zat putih telur, 0,711 mg zat lemak, 0,18 mg zat organik, serta sekitar 250 jenis bakteri yang masuk ke dalam mulut masing-masing. Zat-zat tersebut akan saling bertukar dan bepindah mulut.
2. Apa saja Virus-Virusnya?
a. ''kissing disease, yaitu penyakit mononucleosis,yg disebabkan oleh
virus cytomegalo atau kerabatnya virus Herpes
b. Campak Jerman (Bukan dr jerman )itu adalah Virus Rubella, juga ada Varicella Zoster.
3. Apa Manfaatnya?
a. Menurut layanan pelanggan, mengatakan bahwa air liur yang keluar saat berciuman akan ‘mencuci’ gigi dari bakteri yang menempel dan membantu memecah plak agar tak jadi terbentuk.
b. Menurut Messina. Ia mengatakan French kiss juga ‘mengolahragakan’ jantung dan otot-otot wajah sehingga tetap kencang serta awet muda
c. Ahli kesehatan lainnya, Bryant Stamford PhD, dari University of Louisville, mengatakan ciuman bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu melangsingkan. “Ciuman yang penuh gairah membakar dua kalori per menitnya dan melipatgandakan metabolisme.”
4. Apa Bahayanya?
a. Menurut penelitian, ada yang perlu diwaspadai dari ciuman, yaitu: karena berciuman intim memperpendek usia sekitar dua sampai tiga menit.
b. Selain itu juga terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah dan berkurangnya produksi insulen sehingga ada kemungkinan terserang diabetes atau kencing manis, radang hati, infeksi keracunan, sakit leher, sakit kulit bibir, jamur, Penyakit yang dapat ditimbulkan kuman-kuman tersebut antara lain, alergi yang disebabkan kosmetik yang dikenakan perempuan.
c. Berciuman itu terjadi kontak ciuman yang akan membawa bibit penyakit bisa ringan dan bisa berat. jika dua orang yang melakukan ciuman , denyut nadi hingga keadaan jantung ada peningkatan tajam. denyut nadi naik hingga 150 kali per menit dan jantung memompa 1 liter darah lebih banyak dari biasa. masalah ini tidak terlalu membahayakan jika keduanya dalam keadaan fisik yang fit.
d. Nama penyakitnya adalah Mononucleosis. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Gejalanya adalah penderita akan merasakan demam, radang tenggorokan, sakit kepala, mudah lelah, dan sulit bergerak. Umumnya, penyebaran virus ini melalui saliva atau air liur. Karena itu penyakit ini sering disebut kissing disease atau penyakit ciuman.
e. penularan yang bisa berkomplikasi ke selaput otak lewat berciuman. Gara-gara berciuman selaput otak berisiko jadi meradang (meningitis). Yang menyisakan kecacatan tubuh, ancaman kematian Karena proses penyakitnya terjadi di selaput otak (meningen), ada bagian otak yang menjadi rusak.Yang sering terjadi berupa kehilangan pendengaran, gangguan belajar, kebutaan, bahkan sampai kelumpuhan
f. penyebab serangan jantung koroner, selain sebagai pencetus kanker leher rahim
g. Jaringan otak ada yang menjadi layu, kemudian rusak, dan sel-sel nya mengalami kematian akibat terinfeksi. Bagian otak yang menjadi mati itulah yang bila menimpa bagian motorik otak, yang bisa berakhir dengan kelumpuhan, selain kemungkinan bisa teijadi gangguan otak lainnya. ada bagian otak yang menjadi rusak.Yang sering terjadi berupa kehilangan pendengaran, gangguan belajar, kebutaan, bahkan sampai kelumpuhan
3. Menurut Ilmu agama
Apa???.. ciuman? Laki-laki dan perempuan yang hanya bertatap muka saja dosa, apalagi ciuman….
Sebagaimana surat An-nur (24): 21).
yang artinya” Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan. Barang siapa yang mengikuti langkah syetan, maka sesungguhnya dia (syetan) menyuruh perbuatan yang keji dan mungkar. Kalau bukan karena karunia Alloh dan Rahmat-Nya kepadamu, niscaya tidak seorang pun diantara kamu bersih dari perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Alloh membersihkan siapa yang dikehendaki... (An-nuur (24):21)
4. What the solution….?
a. Salah satu solusi tanpa kekerasan
kita harus menunjukkan bahwa negara-negara yang bermayoritas muslimin, adalah umat yang damai, umat yang maju dalam pendidikan dan kebudayaan, umat yang bertoleransi terhadap agama-agama lain, umat yang menghormati pemikiran dan idealisme umat.
b. Di lain pihak
1. Keluarga
Ruang lingkup keluarga sangat berperan penting dalam system control terhadap pergaulan yang di jalani oleh tiap individu, karena keluarga adalah sebagai wadah pembentukan diri yang membentuk karakteristik terhadap sikap dan pemikiran tiap individu. Maka dari itu Orang tua harus memberikan Pengetahuan Agama yang baik dan benar dengan memberikan fasilitas, seperti: Lembaga pendidikan yang mengacu pada bidang ilmu agama dan pengetahuan lain-nya.
2. Lingkungan Masyarakat
Pada faktanya Lingkungan masyarakat juga tak kalah pentingnya dengan peranan keluarga, karena Bagaimanapun juga, kita hidup bersama-sama dengan mereka. Maka dari itu, jika kita hidup dalam lingkungan yang tidak mendukung dalam pergaulan yang benar, maka peranan keluarga akan terabaikan.

Tidak ada komentar: