22 Juni 2011

NU HIJAU "Mengemas Kesalehan, Mencintai Alam"


Dalam pola moderinitas atau menjadi orang yang modern, memberikan banyak makna yang tersimpan di dalamnya. sepertihalnya, makna kesalehan yang kita yakini menjadi orang yang saleh perlu untuk diperdalam lagi. kesalehan yang sesungguhnya masih perlu diungkapkan dari apa yang dilakukan, dikatakan, dan diajarakan seseorang terhadap yang lainya. Saleh tidak cukup ditunjukan kepada yang harus di taqdzimi, akan tetapi kembali pada persoalan mengapa manusia mencari kesalehan dalam hidupnya. Hamba yang saleh yakni manusia yang beramal saleh. Secara harfiyah, amal saleh (sholih) berarti perbuatan baik, dengan membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, dan tidak merusak. saleh tidak hanya dilihat dari orang-orang yang berada di masjid, akan tetapi kita juga bisa menemukan kesalehan di pasar, di lingkungan alam, dan di manapun berada.
Hingga saat ini, kita belum sadar pada dasarnya kita masih berjalan pincang dengan ketakwaan dan kesalehan kita. Di satu sisi kita memiliki kesalehan personal yang tinggi pada Tuhan sementara di sisi lain hak-hak sosial dalam diri kita masih sering kita acuhkan. Atau sebaliknya, kesalehan sosial berada pada prioritas tertinggi dalam kewajiban kita, sementara penyembahan terhadap Yang Maha Agung tidak kita laksanakan. dengan begitu ketika seseorang sudah yakin akan kesalehan personalnya (hablum minaAllah), sudah saatnya untuk memulai kesalehan sosial (hablum minannas).
Selama ini kita tahu persoalan Nu sebagai organisasi masyarakat yang mengajarkan agama sangat berperan penting dalam membawa kehidupan masyarakat untuk menjadi lebih baik. akhir-akhir ini Nu memang banyak disibukkan dalam menangani masalah NII. padahal, struktur kepengurusan Nu tidak hanya saru orang saja yang mengurusi hal-hal politik dalam jihadnya. padahal yang ada di dalam lingkungan sekitar yaitu keanekargaman hayati, menjaga lingkungan dan turut serta untuk melestirakan lingkungan menjadi salah satu bentuk cinta kita kepada Alam. hal yang sering diabaikan oleh manusia adalah bagaimana seseorang mampu untuk mencintai lingkunganya dan peduli terhadap lingkungan hidupnya. sehingga dari kelalaian tersebut, disadari atau tidak maraknya masalah global warming sebagai salah satu bentuk kemarahan bumi atas kesalahan manusia itu sendiri.
Keanekaragaman hayati dari makhluk hidup dapat terlihat dengan adanya persamaan ciri antara makhluk hidup. adanya bermacam-macam tumbuhan dan hewan menjadi salah satu rangkaian rantai kehidupan yang harus diperhatikan. karena dalam keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup (organisme) penghuni biosfer yang sangat berperan dalam kehidupan ini. Di dalam keanekaragman hayati, keanekaragaman ekosistem dari  seluruh makhluk hidup yang terdapat di dalamnya selalu melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidup maupun makhluk hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya. Hubungan timbal balik ini menimbulkan keserasian hidup di dalam suatu ekosistem.
Jika kita bersedia untuk mendalami lebih jauh betapa pentingnya menjaga lingkungan. maka kita akan sadar bahwa di masa yang akan datang kehidupan anak cucu selanjutnya akan merasa sulit untuk menghirup CO2. dengan begitu, dalam mengemas kesalehan kita harus menggagas terhadap bentuk kepedulian Nu Hijau yang diharapkan tidak hanya menjadi lambang atau logo organisasi saja, akan tetapi kesalehan secara universal yang sangat berperan adalah semangat dan kepedulian Nu sebagai organisasi masyarakat untuk dapat menyelamatkan seluruh dunia dengan menggerakkan Nu hijau peduli lingkungan. kita tahu bahwa indonesia mempunyai kekayaan yang luar biasa di alam, akan tetapi masalah kecil yang tidak dipedulikan ini menjadi problema besar yang merugikan umat. padahal kita tahu, agama juga mengajarkan kita untuk tidak merusak lingkungan sehingga mengakibatkan bumi menghukum manusia dengan segala bentuk bencana alam. salah satu runtuhnya dunia memang perlu diwaspadai dengan adanya gerakan-gerakan islam yang tidak wajar, akan tetapi sedikit demi sedikit perbaikan internal dari lingkungan hidup dengan menggagas gerakan Nu hijau juga sangat dibutuhkan. manfaat yang kita proleh tidak hanya untuk masyarakat NU saja, akan tetapi seluruh alam ini membutuhkan tangan-tangan kepedulian yang sadar akan pentingnya lingkungan.
            Gerakan NU hijau diharapkan menjadi gerakan moral yang mampu menjaga alam dijadikan sebagai salah satu wujud kesalehan terhadap seluruh dunia. kesalehan universal yang diwujudkan akan berperan penting dalam kelangsungan rantai kehidupan mulai dari makhluk terkecil berupa sel, hingga makhluk sempurna seperti manusia. gerakkan NU inilah yang akan melahirkan ukhuwah sebagai gerakkan yang peduli lingkungan. sehingga, Nu tidak hanya bertugas sebagai organisasi yang berjihad dalam menegakkan syariat. karena mengalahkan musuh dengan cara menyadarkan musuh itu lebih baik dari pada harus membunuhnya.

Tidak ada komentar: